Warna-Warni Islam

  • Rp. 55.000,-

Warna-Warni Islam Potret Keragaman Umat Islam Di Seluruh DuniaKeberadaan umat manusia di dunia ini tidak bisa dilepaskan dari berbagai perilaku yang menjadi kebiasaan. Perilaku-perilaku tersebut pada gilirannya membentuk ...


Warna-Warni Islam


Potret Keragaman Umat Islam Di Seluruh Dunia

Keberadaan umat manusia di dunia ini tidak bisa dilepaskan dari berbagai perilaku yang menjadi kebiasaan. Perilaku-perilaku tersebut pada gilirannya membentuk berbagai tradisi yang menjadi identitas dan entitas suatu masyarakat tertentu. Pada akhirnya, berbagai tradisi tersebut menjadi lokalitas tertentu yang merujuk pada nilai-nilai kearifan lokal.

Begitu pula dengan umat Islam yang telah masuk dalam komunitas-komunitas masyarakat tertentu. Berbagai perilaku umat Islam pun melahirkan tradisi keislaman tersendiri sehingga membentuk varian-varian tradisi yang menjadi identitas dan entitas suatu masyarakat Islam. Hal itu sebagaimana tradisi Asyura di Iran yang memperlihatkan lumuran darah, tradisi lempar bayi di India yang tidak lazim, tradisi mudik di Indonesia yang selalu membikin macet lalu lintas, dan lain sebagainya.

Buku ini menangkap berbagai tradisi keislaman di beberapa negara yang memperlihatkan keunikan-keunikan tradisinya, di antaranya:

Tradisi menyemarakkan bulan Ramadan dan Idul Fitri

Tradisi menyambut kelahiran buah hati

Tradisi pada ritual kematian

Tradisi pada perayaan hari-hari besar Islam

Tradisi sosial kemasyarakatan Islam dan berbagai tradisi unik lainnya

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Buruk           Baik

Tags/penandaan: Warna-Warni Islam